Monday, October 3, 2016

Pengenalan Karakter penulisan Bahasa Jepang! An introduction to Japanese writting system

Tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa paling populer di Asia. Perkembangan teknologi, keunikan budaya Jepang hingga Kuliner Jepang Sushi yang fenomenal membuat orang-orang diberbagai dunia berbondong-bondong ingin mempelajari bahasa Jepang.
Bahasa Jepang termasuk bahasa tersulit di dunia, why? Bangsa Jepang menggunakn 4 karakter dalam sistem penulisan mereka, antara lain; Kanji (karakter yang diadopsi dari negara Cina), Hiragana (digunakan untuk menulis kata jepang asli) kemudian ada katakana (dipakai untuk menulis kata serapan bahasa asing) dan Romaji (huruf Alphabet).
I can't imagine how difficult Japanese is.... saya sendiri juga merasakan betapa sulitnya mempelajari karakter-karakter Bahasa Jepang ini, lebih khususnya Kanji.
wait... Kenapa Bangsa Jepang menggunakan Kanji? coz, pada saat itu bangsa Jepang belum memiliki alat/karakter yang dapat digunakan dalam bahasa Tulisan so, untuk itu Bangsa Jepang meniru karakter Bangsa Cina yaitu Hanzi yang dalam bahasa Jepang menjadi Kanji :)bedanya dimana? Kanji Cina hanya memiliki satu cara baca yaitu ON-yomi sedangkan Kanji Jepang memiliki dua cara baca yaitu; ON-yomi (cara baca cina) dan KUN-yomi (cara baca Jepang) meskipun tidak semua kanji Jepang memiliki Kun-yomi

setelah mengakusisi Karakter Hanzi tersebut timbul masalah lain, Bahasa Jepang dan Bahasa Cina adalah bahasa Yang berbeda baik dari berbagai segi linguistik seperti; Morfologis (kata) dan Fonetis (bunyi ujaran) oleh karena itu tidak semua huruf kanji dapat diserap oleh bahasa Jepang kemudian muncul lah Huruf Hiragana untuk melengkapi kekurangan tersebut.

huruf hiragana biasanya digunakan untuk menuliskan partikel ataupun bentuk perubahaan kala/waktu sebuah kata.contohnya: 学校へ行きました/gakkou he (dibaca e) ikimashita= saya pergi ke sekolah. kita secara Jelas dapat melihat penggunaan karakter Kanji dan Hiragana disini.
kemudian setelah Hiragana diciptakan bangsa Jepang kemudian Membuat karakter pelengkap lain yaitu katakana. Katakana adalah karakter digunakan untuk menuliskan kata serapan yang dijepangkan sehingga Jepang tidak lagi menambah Jumlah Karakter Kanji yang sulit itu! :D
contohnya: google-グーグル Hamburger-ハンバーガー
and then Romaji, kalian pasti udah tahu Huruf Alphabet a,b,c,d,e,f,g..... shitteru? lol
meskipun alphabet ini sangat terkenal di seluruh dunia, tapi ada loh orang Jepang yang tidak bisa membaca huruf Romaji.. hehe :D
it was really great to write this post, Yoku dekimashita!
Terima kasih telah membaca. :)

please write your comment! コメントをお書きください!

No comments:

Post a Comment